Minggu, 29 Juni 2008

HORMON - OH HORMON; CERITA RUJAK & STEAM BOAT

Semenjak ada dirinya di dalam diriku, rasanya daku bahagia banget. Alhamdullilah daku diberikan kemudahan oleh -Nya. Gimana daku gak bersyukur cubak...sementara ada banyak pasangan di luar sana yang sampe saat ini masih belum juga dikarunia momongan or ada banyak juga pasangan yang dah program untuk menambah momongan, namun belum juga kunjung diberi oleh-Nya, eh.. daku dengan mudahnya diberi oleh Allah tambahan kepercayaan ini.

Beda dengan masa-masa kehamilan anak pertama, sampe dengan minggu ke sembilan kehamilan, bisa dibilang daku gak pernah ngalamin morning sick, secara waktu hamil pertama dulu pas periksa pertama ke dokter & dinyatakan positif hamil oleh sang dokter, gak tau kenapa jadi sering mual & mun-mun... bahkan untuk 3 semester pertama, berat badan kiu dulu sempet turun 3 kg.

Tapi niy gantinya daku jadi cepet banget merasa capek dan nguantukkk.. banget... Mungkin karena sedang terjadi perubahan hormonal dan penyesuaian ya... jadi ya daku bawaannya nguantuk terus gak abis-abis. Kalo lagi dalam perjalanan menuju & pulang kantor niy... daku merem terus... nah yang berat kalo lagi ngantor niy.. perjuanganku melawan nguantuk ini niy yang kadang-kadang bikin kepala senat-senut... kalo kata temen2 yang ngeliat niy, daku jadi kayak kurang bersemangat aka males-malesan.. padahal siy daku berjuang sekuat tenaga menahan perubahan hormonal ini. Yach.. mudah-mudahan nantinya penyakit ngantuk ku bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia kandungannku.. amien...


Seperti juga bumil-bumil yang lain, semenjak positif hamil, daku jadi seneng banget makan yang namanya buah, jadi dirumah ada buah apa aja aku maem, seperti gambar yang ini niy...






















Or maem yang seger-seger seperti Steam Boat yang aku buat hari ini niy

Sabtu, 28 Juni 2008

CERITA AWAL KEHAMILAN

26 Juni 2008, 00:30


Critanya niy agak-agak suprise juga dengan hasil test urine ku tadi malem. Agak-agak gak percaya, karena memang siklus mens ku kan memang panjang. Kadang-kadang daku mundur 10 s/d 14 hari, jadi kalo bulan ini rada telat, aku pikir memang biasa aja, toch nanti juga dateng juga tamu bulanan ku. Jadi aku gak terlalu penasaran dengan keterlambatan kali ini.


Tapi kok gak dateng-dateng juga ya, secara Mens pertama bulan lalu itu tanggal 1 Mei, nach sekarang dah tanggal 25 Juni, jadi dah lebih dari 2 minggu dunk ach...


Akhirnya daku memutuskan untuk minta tolong papahnya Nina untuk membeli test urine di apotik deket rumah, besok pagi aja ach testnya... ngantuk niy bobo dulu, besok pagi aja bangun tidur baru aku test urine.


Pas jam 1/2 1 malem daku kebangun dari tidurku dan aku haus niy ke dapur mo minum critanya, tapi daku ngeliat Papahnya Nina masih di depan komputernya. Abis minum kok daku tiba-tiba teringat test urine ya? trus biar gak penasaran daku langsung ambil alat testnya dan Papah niy yang jadi juru pengujinya. and.... eng ing eng.... wow.... garis nya cepet banget berubah menjadi 2 strip merah.... hehehehhe... daku berdua papah cengengesan melihat 2 strip merah tsb, artinya apa sodara2.. daku positip..hehehehee...



26 Juni 2008, 19:30


Tanggal 26Juni 2008, setelah sebelumnya hasil test urine di rumah positif, malemnya daku langsung periksa ke dokter kandungan di RS Haji Pondok Gede. Pinginnya siy diperiksa sama dr. Bambang, dokter kandungan ku waktu Nina dulu... ternyata dr.Bambang sedang cuti, jadi setelah sempet bertanya dengan Mamahnya Syifa yang juga sedang hamil 6 bulan dan sama-sama pasien di RS Haji, dan ternyata belio adalah pasiennya dr. Budi, jadilah daku mendaftar untuk memeriksakan diri ke dr.Budi.

Pulang kantor pkl. 17:30 teng go daku langsung ngacir dan tujuanku gak langsung pulang melainkan ke RS.Haji. Sayang niy papah hari ini jadwalnya ngajar & baru pulang jam 10 malam, jadi daku ke dokter sorangan wae.... gak apalah mesti bisa mandiri niy critanya....

Sampe sana dah hampir jam 19:00 dan setelah menunggu kurleb 30 menit, akhirnya tibalah giliranku diperiksa oleh sang Dokter. Melalui alat USG sang dokter meyakinkan daku kalo daku bener2 hamil dan meresepkan FOLAVIT, semacam zat asam folat yang berguna untuk masa-masa awal kehamilan, masa-masa awal pembentukan otak dan tulang belakangnya nanti. Sebenernya niy sang dokter hanya meresepkan satu vitamin itu, tapi aku berinisiatif untuk minta diresepkan penguat rahim, seperti kehamilan ku yang pertama dulu. Kata sang dokter siy, sbenernya gak perlu, apalagi daku gak punya riwayat flex ato keguguran, tapi demi faktor psikologisku akhirnya ya sang dokter meresepkan juga. Aku juga sempet bertanya apa perlu aku mengkonsumsi vitamin penambah darah or vitamin yang lain? tapi menurut dr. Budi niy.. vitamin-vitamin tsb malah nanti bisa memacu mual or morning sick, jadi belio menganjurkan aku untuk banyak-banyak aja makan buah dan sayuran... and nanti next kunjungan pemeriksaan berikutnya setelah yakin janinku berkembang dengan baik, baru nanti daku akan diberikan semacam vitamin untuk bumil pada umumnya, begitchu...

Jadi, doain daku ya agar janinku bisa bertumbuh dengan optimal... amin ya robbal'alamin...

Jumat, 27 Juni 2008

SEPENGGAL DOA

Ya ALLAH.. segala Puji Hanya Pada-Mu...
Zat Yang Maha Pemberi, Zat Yang Maha Menentukan...

Ya Allah, Yang Maha Pemberi Kehidupan....
Ijinkan lah aku, atas Anugrah-Mu untuk dapat menSyukuri...


Ya Allah..Ijinkan lah aku, atas Karunia-Mu, untuk dapat Menjaga Amanah-Mu, sekali lagi...
Dengan sepenuh hatiku ya Allah.. Segenap Jiwa Ragaku...
Berilah aku Kekuatan, Kemudahan dan Kesempatan...
Untuk terus Menjaga Amanah-Mu.. hingga peluh terakhir-Ku...

Ya ALLAH.... ku berserah Diri Hanya Kepada-Mu...

Amin ya Robbal'alamin......
- Dedicated to my beloved daughter & her next sibling, the Gift that ALLAH SWT has been transferred to me....-

Minggu, 15 Juni 2008

SUP IGA & BROWNIES KETAN KUKUS ALA AMNANDA NINA



Sudah 2 hari ini Jakarta, Bekasi & sekitarnya turun hujan. Heiran.. padahal dah bulan Juni, mestinya gak ada hujan lagi yaa…

Kalo dah hujan gini, enaknya niy makan makanan yang panas & berkuah…


Jadi, tadi pagi-pagi sebelum berangkat ke acara Wisuda TKnya Nina, daku sempetin deybikin sup iga, niatnya buat dimakan sbelum berangkat ke acara Wisuda alias jadi menu sarapan..hehehe… berat banget yak menu sarapannya… ‘n juga bisa dimakan lagi ntar sore or malem..…secara ntar maem siang kan udah disiapin pihak sekolah di acara wisudanya Nina.

Jadi, biar ntar siang gak males masaknya karena dah kecapean…pagi-pagi Mbak Ikanya Nina dah daku instruksikan untuk ambil pesanan tulang iga yang kemarin daku pesen sama Mas No’, pemilik warung sayur deket rumah.. Pesennya tulang iga + dagingnya.. supaya gak makan tulang doank.. mosok tulang bisa dimakan…hehehe…


Pesen? Yoi… karena kalo gak, kadang-kadang suka kehabisan, Karena si Mas No’ ini banyak penggemarnya loch… siapa lagi cubak kalo bukan para Ibu-Ibu yang muales ke Pasar… hehehe.. jadi dari pada jauh-jauh ke Pasar pake ongkos, mending nitip minta dibeliin sama si Mas No’ ini… mo pesen apa juga bisa... pasti doi bawain dari Pasar & harganya juga sami mawon sama harga pasar…sip kan jadinya…


Balik lagi ke sop Iga, jadi pas si Iga dateng (bukan Iga Mawarni donk ach…hehehe..) trus dey dicuci bersih & langsung tanpa basa-basi daku rebus di panci presto kesayanganku beserta dengan irisan bawang merah & sedikit bawang putih…


Mmmhh.. kalo dah pake si Panci Presto ini, ngerebusnya gak pake lama.. jadi kurang lebih 15-20 menit si Daging dah bisa empuk & tulangnya ya tetep gak bisa empuk lahh..


Et lis dagingnya bisa lah dimakan tanpa tindakan kekerasan, maksudnya gak alot ‘n lumayan empuk gitu loch..hehehe.. garing….

Kebayang ga siy Ibu-ibu kita jaman dulu.. butuh waktu berjam-jam untuk bikin si daging empuk… makan waktu & energi ‘n bahan bakarnya yaa…

Kembali ke Si Soup Iga.. jadi setelah si daging empuk, tinggal dipindahin dey ke panci regular.. tinggal ditambahin air secukupnya… bubuhin lada & bubuk pala & garam serta gula dikit (gantinya penyedap) secukupnya dey ya.. trus kalo dah mendidih lagi tinggal masukin dey irisan wortel & daun bawang & daun seledri…slese dey…

Gampang banget kaann…


Ntar niy ya kalo dah mau dimakan tinggal panasin lagi pancinya, trus siapin mangkuk, dimangkuknya itu kasih irisan tomat secukupnya ‘n taburin daun bawang & taburin bawang goreng & kalo mo seger lagi kasih dikit peresan dari irisan jeruk nipis & sambel cabe rawit..… mmmhhh…. Seger nyaa…temen nya pake emping & sambel goreng teri kacang… mantap….

Nah kalo si brownies ini critanya menjelang sore daku liat dilemari makanan masih ada satu paket sisa bahan kue ultahnya Nina minggu lalu…


So.. kayaknya sore2 asyik juga yaa makan kue brownies kukus ala amanda Nina.. Mnya diganti N yaa…heheh..…


Jadilah daku dibantu Nina bekerja bahu-membahu membuat si brownies nan manis ini..


Mmmhhhhhh…. Masih anget-anget dimakan lezatnyaa…..


Silahkan dinikmati potonyaa…mo nambah silahkan loch…hehehe…



WISUDA KEL. B TK NINA




Sabtu tanggal 14 Juni 2008, jam 08.00 s/d jam 12.00, ada acara Wisuda TK B di TKnya Nina. Wuih, lucu-lucunya para wisudawan wisudawati cilik ini… secara mereka kan baru TK, tapi udah ikutan seremonial ala Mahasiswa yang di Wisuda, lengkap sama toganya pula…hehehe….

Selain wisuda, caranya juga sekaligus acara perpisahan kakak-kakak Kel.B yang tahun ini masuk SD. Nina dan teman-teman kelompok A serta adik-adik play group kebagian isi acara. Kalo Nina kebagian isi acara gerak dan lagu, jadi ceritanya Nina dipasangin sama teman sekelasnya namanya Faiz, Faiz yang pura-pura jadi tukang becak, sementara Nina yang jadi penumpangnya. .

Oya selese di Wisuda, kakak-kakak kelas kel.B isi acara Operet. Ih.. lucu.. ada yang jadi matahari, bulan, ada yang jadi pohon, bunga, pak polisi dll. Ceritanya sederhana aja, tentang anak – anak yang harus menjaga & mencintai lingkungan, seperti gak boleh merusak tanaman, bunga sampah pada tempatnya, seperti pesan untuk global warming gitu dey.. tapi versi anak-anak, jadi ringan dicerna hehe….

Doain yaa… Insya Allah tahun depan gentian Nina yang diwisuda…Amien…

video

Kamis, 12 Juni 2008

SEBUAH RENUNGAN UNTUK DIRI (KU) SENDIRI

Kadang kala bila kita terbiasa mendapatkan 8, kemudian kita mendapatkan 9 atau 10, kita lupa untuk bersyukur, kita kurang merasakan nikmat-Nya, karena kita merasa mendapatkan kenaikan yang jumlahnya kecil dan mendapatkanya pun biasa saja. Beda pula bila kita terbiasa mendapatkan 0, kemudian kita mendapatkan 1/2 atau 1... rasanya pasti kita bisa lebih bersyukur dibandingkan mereka yang biasa mendapatkan 8 kemudian 9 atau 10. Bagaimana tidak, yang biasanya kita tidak mendapatkan apa-apa, tentunya perasaan nikmat dan gembira serta ungkapan rasa syukur serta merta akan terlontar dari diri kita.

Ini bukan masalah dapet nilai pelajaran loch...hehehe....

Intinya adalah, kita kadang-kadang lupa bersyukur disaat kita sudah terbiasa mendapatkan apa yang kita inginkan dan apabila terbiasa gampang dalam mendapatkan sesuatu...

Kita akan lebih bisa bersyukur, lebih merasakan nikmat-Nya apabila kita senantiasa berusaha keras, berikhiar dalam mencapai sesuai hal yang kita inginkan...
Jadi bagi yang biasanya gampang dan selalu diberikan kemudahan dalam mendapatkan sesuatu dan "agak sedikit" lupa bersyukur, tiba-tiba mendapatkan kesukaran, percayalah bahwa sebenernya Allah SWT sangat sayang dengan kita dan IA tengah menegur kita agar kita bisa sejenak merasakan Nikmat-Nya.

Bagi yang sedang diberikan kemudahan, jangan berhenti untuk bersyukur.. semakin kita bersyukur.. semakin kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT..
Bagi yang sedang dalam kesukaran... berhentilah sejenak untuk berintrospeksi diri, jangan-jangan selama ini kita lupa untuk bersyukur.. dan berbahagialah karena Allah SWT masih sayang dengan kita dengan tegurannya. Selalu ada hikmah dan pembelajaran pada setiap ujian dari Allah SWT, dan betapa Allah SWT maha penyayang bagi semua mahluk ciptaan-Nya...

Berhenti sejenak dan bersyukurlah...

Ps.
Bersyukur bukan hanya dilidah loch... tapi lebih kepada implementasinya...
Melaksanakan syariat agama dan menjauhi larangan-Nya itu sudah menjadi kewajiban kita.

Hidup sederhana dan tidak menuruti nafsu memiliki harta benda dunia yang sifatnya fana. Banyak bersedekah, terutama menyisihkan 2,5% zakat penghasilan kita Ini wajib hukumnya), karena disetiap penghasilan yang kita miliki, 2,5% itu sebenarnya hak orang lain... Semakin banyak kita mengeluarkan harta di jalan Allah disertai dengan niat yang tulus dan ikhlas, Allah senantiasa akan membalas berlipat ganda.
Oya, beramal dan bersedekah juga bisa loch dengan tingkah laku, perbuatan dan tutur kata yang menyenangkan....tidak menyusahkan orang lain, baik dengan tutur kata maupun tingkah laku dan perbuatan.

Fuih... serius banget ya postingannya..hehehe....

EDENSOR

Buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi ini akhirnya selesai juga daku baca. Rangkaian 3 buku ini semakin membuat kagum dan salut dengan Sang Penulisnya. Walopun akhir ceritanya menggantung tapi ini malah bikin penasaran… dan udah pasti buku terakhirnya jadi semakin ditunggu-tunggu dan pasti bakalan jadi best seller… pinter juga ya pengarangnya, karena bikin penasaran. Buku ke empat atau buku terakhirnya yang berjudul Mariyamah Karpov baru akan direlease September nanti. Duh… gak sabar niy pingin tau kelanjutan dan ending dari cerita yang merupakan kisah nyata Penulisnya ini.


Sebenernya niy… Novel yang dilatar belakangi kisah hidup penulisnya ini merupakan potret dari kisah hidup kebanyakan anak Indonesia. Pinter Pengarangnya aja yang bisa menjadikan cerita dalam Novelnya mengalir dan enak untuk dibaca.


Seperti juga dua buku sebelumnya (Laskar Pelangi & Sang Pemimpi), buku ini juga A MUST READ karena didalamnya banyak banget pembelajaran hidup yang bisa jadi inspirasi. Baca aja dey… pokoke nyesel banget kalo sampe gak baca…hehehe…

JIKA ANAK TK MENGADAKAN AJANG KREATIFITAS






Wuih… seneng, terharu dan bangga banget liat anak-anak piyik TKnya Nina isi acara dan berani tampil di ajang kreatifitas hari Sabtu bulan Mei kemarin, mule dari TK B, TK A, sampe yang playgroup pun.. ini yang gemesin banget…. anak piyik-piyik itu semuanya berani tampil di atas panggung loch.. Acaranya sendiri untuk internal dan diadakan di TKnya Nina.


Ada yang jadi model busana Muslimah, lenggak lenggok diatas panggung seperti peragawan & peragawati professional…hehehe…

Ada yang baca puisi, baca surah Al-Qur’an dan doa-doa

Ada yang ikutan paduan suara

Ada yang praktekin teknik footsal

Dan tentunya ada yang menjadi penari…

Sayangku Nina kebagian jadi penari niy ceritanya..


Jadi menjelang tampil, Nina berlatih disekolah dan selalu cerita ke Mamah tentang acara ini.. tiap kali Mamah penasaran seperti apa siy tarian Nina, ‘n doi selalu bilang ke Mamah “ Pokoknya ntar Mamah liat aja deh…” sok surprise ni ye….


Alhamdullilah pas acara ini Mamah lagi off ‘n gak giliran masuk kerja… kalo gak Nina bakalan sedih dey kalo Mamah nya absent lagi tiap kali ada kegiatan di TK Nina yang memang sering diadakan hari Sabtu…


Seneng banget karena akhirnya Mamah bisa liat sendiri Nina menari….’n memang surprise, karena Nina narinya semangat dan penuh senyum..hehehe…

FAMILY GATHERING TK NINA






Tanggal 1 Juni 2008 kemarin TK Nina ngadain Family Gathering ke Taman Buah Mekarsari Cileungsi. Excited banget, karena ini kali pertama Mamah ikutan acara TKnya Nina ‘n denger-denger ini juga baru pertama kali family gathering diadakan oleh TKnya Nina, lengkap, jadi siapa aja yang mau ikut, diperbolehkan. Mamah papah, Eyang, Tante & Om yang mau ikutan acara ini boleh-boleh saja, asal ikutan nanggung biaya nya juga gitu…hehehe..


Nah… karena Papah Minggu kemarin ada urusan sama Om Rudi (urusan nya panjang juga niy.. kapan slesei nya ya…hehehe…) jadi yang ikutan acara ini Cuma Mamah & Nyaik Haji…


Kalo yang sudah-sudah TKnya Nina selalu melatih siswanya untuk belajar Mandiri, jadi kalo ada kunjungan edukatif seperti ke Airport, Kantor Pos, lihat peternakan sapi dan kebun Sayur, ke Kebun Binatang dll, mereka berangkat hanya dengan para Guru dan perwakilan Komite Wali Murid, jadi ortu gak boleh ikutan…yang tujuannya supaya anak-anak piyik itu bener-bener bisa belajar mandiri.


Acara Family Gathering kemarin cukup padat juga. Berangkat berombongan dan sampai di Mekarsari kita langsung menuju station kereta keliling. Dikereta keliling kita diajak jalan-jalan menyusuri aneka macam kebun buah-buahan dan sampai dilokasi yang ada area outbondnya rombongan turun dan menuju tenda yang jadi based came kita dan disanalah kita melakukan aktifitas di Mekarsari.


Aktifitasnya sendiri ada aneka lomba untuk anak-anak, lomba ortu dan anak, dll. Pokoke inti acaranya adalah kebersamaan dey…


Oya Mamah dan Nina sempet beli layang-layang, dan mumpung areanya lapangan rumput luas, jadi kita puas dey maen layang-layang. Jarang-jarang niy Mamah bisa lari-larian berdua Nina.. udah ikutan kayak anak kecil niy Mamah jadinya..hehehe…

Pulang dari Mekarsari masih ada waktu dan rombongan mampir bentar di Kampung Cina. Ada danau-danauan loch di sana, Mamah dan Nina naik perahu naga ngiderin danau nya itu… lumayan jadi berasa naik perahu di Kampung Cina..hehehe..


Lumayan cape, tapi seneng banget… seneng liat Nina bergembira dengan teman-teman dan guru-gurunya….


Mudah-mudahan jadi agenda tetap ya acara gathering seperti ini.

Senin, 09 Juni 2008

ULTAH NINA








Alhamdullilah hari yang ditunggu-tunggu Nina datang juga...
Ya, Nina dah gak sabar banget nunggu hari Minggu kemarin, karena pada hari itu Nina ngundang teman2 mainnya di sekitar rumah untuk sama-sama tiup lilin.


Apa lagi cuba yang ditunggu anak seumur Nina kalo gak kado dari teman2nya...


Jadi gak heiran dey kalo dari jam 1/2 4 sore doi dah mandi, dandan & nungguin teman2nya dateng, tapi belum juga Nina selese dandan, Mas Arya & Ade Izza, tetangga depan rumah dah dateng..hehehe... ternyata bukan Nina aja yang udah gak sabar.... tapi temen2nya juga gak sabar niy yee...


Ultah Nina kali ini memang lebih simple dan dibuat sederhana aja... and Nina minta maaf niy kalo om & tante & sepupu2 yang lain gak Nina undang... hehehehe...


Btw niy... Kue Ultah Nina kali ini agak lebih special.... special karena made in daku & Nina... wuih... seneng & puas banget rasanya.. akhirnya daku bisa juga berkreasi sendiri...
Thanks buat Mamah Michael yang udah mo ngajarin daku & minjemin peralatannya.. hehehe... maklum baru sekali ini bikin kue Ultah Sendiri & jadi agak2 bingung aja sama peralatannya secara daku blum punya...


Jadi inget waktu hunting bahan2 kue di pasar Pondok Gede... cuma berbekal nekad & sok akrab sama yang punya toko peralatan & bahan kue, daku tanya ini-itu..eh.. pas lagi bingung nanya2 sama si pemilik toko bahan kuenya, ada pembeli lain yang kayaknya memang tukang kue betulan.. jadilah daku kursus singkat tentang bahan2 apa dan trik2nya bikin cake ultah...
en.. karena gak ada oven jadilah cakenya daku bikin dari bahan brownies kukus... & rasanya gak malu2in & hasil kue Ultahnya Nina juga bagus (menurut ku yang baru pertama kali bikin..hehe...)...


Pokoke cape hunting bahan kue, pernak-pernik hiasan kue (yang ini nekad banget nitip sama penjual toko bahan kuenya kalo dia belanja dagangan ke Pasar Senen.. karena di toko itu sbenernya gak jual pernak-pernik, hehehe....) terbayar lunas sama kepuasan liat hasil kue Ultah nya...hehehe...


Oya Ultah Nina kemarin daku bikin somay juga loch.... selain puding coklat, Mie goreng, Nasi kuning dan teman2nya...hehehe..


Makasih ya buat temen-temen Nina yang udah pada dateng, buat Tante Ela yang jadi guest starnya...hehe.. Evan & Rachel, Om Hendar Tante Novi Kayla, makasih udah jauh2 dateng untuk ngeramein acaranya Nina, Kakak Citra, Kakak Dini, Wak Nia dan Nyaik Haji.


Semoga doa2nya untuk Nina biar Nina panjang umur, sehat selalu, jadi anak sholeha dan tambah pintar dikabulkan oleh Allah SWT.. amien..ya robbil'alamin....


Ini niy poto2 & Videonya..

video video