Sabtu, 10 Januari 2009

LAPORAN PERKEMBANGAN NINA DI TK B

Sabtu 27 Desember lalu, mamah menerima laporan perkembangan Nina selama 6 bulan terakhir di TK B. Karena hari Sabtu ini mamah terakhir masuk kerja sebelum maternity leave, jadinya mamah datang ke sekolah Nina lebih awal supaya tidak perlu antri dan tidak telat ke kantor. Sampai di sekolah Nina alhamdullilah para guru sudah stand by di kelas masing-masing dan alhamdullilah mamah orang tua pertama yang datang.

Seperti raport bayangannya sebulan yang lalu, alhamdullilah perkembanganNina di nilai cukup baik dan sedikit catatan perkembangan Nina diraportnya :

- Untuk Uraian program pengembangan pembentukan perilaku :
Alhamdullilah Nina cukup baik dalam mengerjaan tugas dengan rapih, mau mengikuti peraturan, mau memaafkan teman, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta menjaga kebersihan kelas.
Namun dalam menjaga barang milik sendiri, menyelesaikan tugas tepat waktu masih diingatkan dan dimotivasi terus oleh guru.

- Untuk uraian program pengembangan kemampuan dasar
1. Bahasa :
Cukup baik dalam menulis, meniru kata, kalimat sederhana, mengucap syair, membuat kata dari suku kata tertentu. Namun perlu latihan dalam mengemukakan pendapat, menyanyi dengan syair yang tepat dan membaca tiga suku kata.

2. Kognitif :
Umumnya sudah baik terutama dalam membilang lebih dari 20, membedakan angka, warna, bentuk geometri, konsep perbandingan sama tidak sama. Penambahan sederhana agar terus ditingkatkan untuk lebih baik.

3. Kreatifitas/motorik halus
Umumnya sudah baik, terutama dalam mewarnai, melipat, menggunting mengikuti bentuk, menempel, menggambar bebas, namun masih diingatkan dalam menyelesaikan tugas tepat sesuai waktunya.

4. Fisik/motorik kasar
Cukup baik pada keseimbangan berjalan di atas papan titian, berjinjit, engklek dengan satu kaki. Namun perlu latihan lagi dalam kecepatan gerak dan mengikuti gerakan tertentu

Dari obrolan mamah dengan Ibu Wiwi dan Ibu Hilda (guru kelas dan guru pendamping Nina), pada umumnya perkembangan Nina sudah cukup baik, rapi dalam mengerjakan tugas-tugasnya dan alhamdullilah diantara teman-temannya tulisan tangan Nina paling rapih.. walaupun belum lancar menulis. Begitu juga dalam pelajaran menggambar dan mewarnai, Nina dinilai paling rapih, namun yang ditekankan oleh Ibu Wiwi adalah masalah ketepatan waktu dalam mengerjakan suatu aktifitas, karena Nina dinilai perfectionist jadi dia terkesan yang paling lambat dalam menyelesaikan suatu aktifitas...hehehe... bener juga siy yaa....

Sementara untuk latihan membaca, Ibu Wiwi menghimbau agar Mamah meluangkan waktu mengajari Nina membaca, namun mamah diingatkan agar tidak memaksa Nina untuk cepat bisa dan mengajarinya pun harus dilihat dari mood anak kita, jadi bukan kita yang memaksa untuk belajar, tapi kita lihat kesiapan anak dalam belajar, kita yang menyesuaikan gitu ya bu Wiwi.. Menurut bu Wiwi usia TK memang tidak wajib untuk belajar, tapi lebih kepada bermain sambil belajar, sehingga ia akan lebih mudah menyerap pelajaran yang kita berikan, step by step dan jangan sampai anak stress atau tertekan...nanti ketika ia masuk SD baru ia sudah siap untuk belajar. TK hanyalah peralihan dari suasana bermain sambil belajar dan mempersiapkan anak untuk belajar yang sesungguhnya. Sip deh bu .....

Memang untuk membaca, Nina masih dalam tahap mengeja dan memang masih dibimbing untuk mengeja lebih dari 3 suku kata... terus terang niy.. kemarin-kemarin mamah memang jarang banget ngajarin Nina latihan membaca, tapi Insya Allah mumpung mamah maternity leave, mamah akan ngajarin Nina latihan membaca lebih intens lagi... mudah2an dalam 6 bulan ke depan Nina dah bisa lancar membaca dan menulis...amien...

1 komentar:

novita mengatakan...

Wah..baca laporan nina hampir sama niy, mama nina rajin juga ya..nulis di Blog he he lain ma mamanya kayla yg super malez he he (mending main game.di komp.hi hi)
Alhamdullilah..perkembangan anak2 kita so far so good dan membahagiakan lain ya sama jaman kita dulu, blajar baca aja pas SD he he. kasian deh guru TK jaman skrng. Aku juga gak maksain blajar baca kay juga dh bisa dikit2. tapi ya itu kalo u ngajarin lagi di rumah saat ini wahhh...perlu Nawaitu/niat yg kuat soale kalo dah di rumah seringnya keburu teler he he..Yah aku berharap yg terbaik aja deh buat anak2.